var adfly_protocol = 'https'; var popunder = true;

Monday, August 14, 2017

Palgunadi /Ekalaya



Bambang Palgunadi adalah sebuah karakter di pewayangan baik versi Mahabarata asli dan versi Jawa. Dalam versi Mahabarata Palgunadi atau disebut juga dengan Bambang Ekalaya adalah seorang dari kasta rendah yang memiliki semangat belajar tinggi. Karena kurang beruntung dengan kastanya, ia tidak diterima murid oleh Begawan Durna, Profesor di negara Astina. Tak patah arang, Palgunadi pun tetap belajar dengan tekun didampingi patung Resi Durna yang tiap hari selalu dihormatinya.

Buah ketekunan belajar dan sikap ta’zimya kepada sang Guru, walaupun hanya berupa patung, membuat Palgunadi piawai dalam memanah, konon murid kesayangan sang Durna, Arjuna yang juga memiliki nama lain Bambang Palguna, kalah hebat dan kalah piawai.

Akhirnya dengan tipu muslihat, karena sang Guru Egois tak mau merasa tercoreng nama besarnya dikalahkan oleh seorang murid yang belajar dari patung, maka dimintalah sang Palgunadi untuk memotong 2 ibu jarinya sebagai bukti hormat pada Sang Guru. Tanpa pikir panjang Palgunadi pun mengaturkan 2 ibu jarinya kepada sang Durna si Guru Egois.

Karena ketekunan dalam belajar dan rasa hormat kepada Guru, Bambang Palgunadi dalam versi wayang Jawa dibuat menjadi tokoh yang lebih baik daripada versi aslinya. Ia digambarkan sangat mirip dengan Arjuna alias Palguna. Kematiannya pun dibuat lebih ksatria. Ini berbeda dengan versi asli India, Palguna mati setelah perang melawan Krisna dan Balaram (Baladewa) dua karakter yang identik dengan ksatria pilihan Dewa.

Hikmah yang luar biasa dari Bambang Palgunadi sang Pembelajar sejati. Tak ada waktu terlambat untuk belajar dan tak ada alasan usia untuk tetap belajar. Dan sebagai motivasi agar senantiasa bersemangat untuk tetap tekun belajar dan menghormati kepada para Guru dan Senior, saya menjadikan karakter wayang Palgunadi sebagai header dari blog ini.

(Sumber dari sebuah blog yang banyak bercerita tentang wayang di :http://wayang.wordpress.com/2010/07/...laya-palgunadi )

http://www.sripurwantono.web.id/2011...ang-palgunadi/

No comments:

Post a Comment

var adfly_protocol = 'https'; var popunder = true;